Unsur-unsur Seni Musik






Apa yang dimaksud dengan seni musik? Secara umum, pengertian seni musik adalah salah satu cabang seni yang menggunakan musik dan unsur-unsurnya sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan perasaan seorang seniman.

Pendapat lain mengatakan seni musik adalah suatu cabang seni yang menggunakan suara sebagai sarana penyampaiannya dimana suara tersebut disusun sedemikin rupa sehingga memiliki irama, nada, lagu, dan keselarasan.

Melalui musik seorang seniman dapat mengekspresikan diri dan emosinya melalui suara yang dirangkai sedemikian rupa, baik dengan suara vokal maupun suara alat musik. Saat ini seni musik merupakan salah satu sarana hiburan yang sangat populer bagi masyarakat di seluruh dunia.

Musik terbentuk dari beberapa unsur penting di dalamnya sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Adapun unsur-unsur seni musik adalah sebagai berikut:

1. Melodi

Melodi adalah susunan rangkaian tiga nada atau lebih yang terdengar berurutan secara logis, memiliki irama, dan mengungkapkan gagasan.

2. Irama

Irama atau ritme adalah ukuran waktu atau tempo yang menentukan ketukan dalam keseluruhan musik. Irama terbentuk dari rangkaian bunyi dalam waktu yang berbeda sehingga membentuk pola irama.

3. Harmoni

Harmoni adalah perpaduan yang teratur antara melodi dan nada secara terus menerus sehingga menghasilkan keindahan komposisi musik.

4. Birama

Birama adalah unsur seni musik berupa ketukan atau ayunan secara berulang-ulang secara teratur dalam tempo yang sama. Biasanya ketuka birama ditulis dengan 2/4, 2/3, 3/4, dan seterusnya.

5. Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang dimana setiap nada terdapat jarak tertentu. Tangga nada terbagi dua, yaitu tangga nada diatonik (7 nada) dan pentatonik (5 nada).

6. Tempo

Tempo adalah tingkat kecepatan suatu musik yang ditentukan oleh banyaknya ketukan dalam satu menit (beat). Semakin cepat sebuah musik yang dimainkan maka nilai temponya akan semakin besar.

7. Dinamika

Dalam musik, dinamika adalah tingkatan lembut dan kerasnya suara musik ketika dimainkan sehingga tidak terdengar datar atau monoton.

8. Timbre

Timbre adalah kualitas atau warna suara dalam seni musik. Timbre sangat bergantung pada sumber suara dan cara bergetarnya suatu instrumen. Misalnya; dengan nada yang sama, timbre yang dihasilkan oleh piano akan berbeda dengan timbre gitar.

0 Comments