Kelebihan Angklung


Musik ensampel yang terbuat dari bambu ini ternyata memiliki manfaat yang lebih dari sekedar alat musik. yaitu memiliki manfaat pada penanaman sikap dan karakter anak. Hal ini karena sebuah angklung di buat dengan nada yang berbeda-beda, apabila dimainkan sendiri bunyi angklung tidak terdengar merdu, tetapi jika dimainkan bersama-sama, maka angklung dari nada yang berbeda-beda dapat membentuk harmonisasi yang indah.


Dari hal tersebut dapat di ambil kesimpulan tentang adanya kerja tim yang solid, kebersamaan, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab, bisa di ambil kesimpulan seperti ini karena dalam memainkan angklung diperlukan konsentrasi yang tinggi, menggunakan olah rasa dalam memainkan bagiannya dan dituntut disiplin dalam mengikuti arahan konduktor dan mempelajari dengan konsentrasi penuh.


Selain itu pemanfaatan angklung sebagai pembentukan karakter dapat membentuk individu-individu yang lebih percaya diri, menguatkan kerja tim, juga menyelaraskan hak dan kewajiban untuk menjadikan nada yang indah. Tidak sebatas dalam memainkan musiknya saja hal ini bisa di jadikan awal dalam pembentukan karakter anak sejak di bangku sekolah dasar.


Memiliki banyak fungsi :

1. Fungsi religius, Awal mula pertumbuhan seni dimulai  dari adanya keperluan-keperluan ritual dalam sebuah kelompok masyarakat. Seni yang muncul biasanya dianalogikan dalam sebuah gerak, suara, ataupun tindakan-tindakan tertentu  dalam suatu upacara ritual.

2. Fungsi sosial, seni traditional kerapkali dibuat karyanya sebagai bentuk penyampaian informasi tertentu yang masih murni dan tanpa adanya kepentingan luar sehingga sebauh seni memiliki fungsi sosial yang sanggat kuat ditunjukan pada beberapa karya seni traditional.

3. Fungsi pendidikan, sebagian besar seni traditional merupakan karya yang masih otentik tanpa adanya tambahan modifikasi didalamnya sehingga cocok digunakan dalam proses pemahaman di dunia pendidikan terkait sebuah seni secara mendetail.

4. Fungsi lainnya, beberapa fungsi lainnya yang juga terdapat di dalam seni traditional diantaranya fungsi estetika

0 Comments