Macam-macam Alat Musik Tradisional










Di Indonesia ada banyak jenis alat musik tradisional berbagai macam alat musik tradisional yang akan kita bahas, mari kita simak berikut ini :

1. ANGKLUNG





Angklung adalah alat musik tradisional berasal dari Jawa Barat. Angklung terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan. Alat musik tradisional angklung sudah mendunia dengan berhasil memukau penonton di Perancis dan juga Amerika Serikat. Angklung juga telah diakui sebagai warisan Indonesia oleh UNESCO.


2. SASANDO






Sasando merupakan alat musik tradisional khas tanah Rote, Nusa Tenggara Timur yang terbuat dari daun lontar. Alat musik sasando berbentuk seperti harpa dan dimainkan dengan cara dipetik seperti gitar. Sasando sudah terkenal semenjak konser WOW 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia.


3. GAMELAN






Gamelan merupakah alat musik tradisional berasal dari tanah jawa. Alat musik gamelan ternyata juga digemari oleh musisi dunia. Gamelan ternyata juga diajarkan dan masuk kurikulum di beberapa sekolah di Amerika Serikat dan New Zealand.



4. KOLINTANG





Kolintang adalah barisan gong kecil yang ditempatkan mendatar. Alat musik tradisional kolintang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat musik kolintang dimainkan dengan diiringi oleh gong dan drum. Alat musik kolintang juga telah lama dimainkan di negara-negara melayu seperti Malaysia dan Filipina.


5. KENDANG






Kendang adalah alat musik tradisional berasal dari Sunda namun ada beberapa yang mengatakan dari Jawa Timur. Alat musik ini seringkali kita jumpai untuk mengiringi tarian-tarian tradisional, musik jazz dan kontemporer. Sudah banyak musisi Amerika Serikat menggunakan kendang sebagai alat musik pengiring.


6. TIFA





Alat musik tradisional khas Maluku dan Papua ini berbentuk seperti kendang namun berbentuk tube. Alat musik Tifa dimainkan dengan dipukul. Alat musik tifa juga seringkali dihiasi oleh ukiran-ukiran khas Papua dan Maluku. Tifa mulai dikenal semenjak banyak turis yang datang ke Maluku dan Papua dengan membawa pulang Tifa sebagai oleh-oleh.


7. SALUANG






Saluang merupakan alat musik tiup tradisional berasal dari Sumatra Barat. Alat ini masuk mirip dengan suling namun lebih sederhana karena hanya memiliki empat lubang berurutan. Konon pada jaman dulu, pemain saluang dikatakan mempunyai mantra yang mampu menghipnotis penontonnya.


8.ARAMBA






Alat musik tradisional Indonesia satu ini berasal dari daerah utara daerah Sumatera, tepatnya di Pulau Nias. Jenis bunyi yang dihasilkan Aramba adalah Ideofon. Aramba dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pukulnya tersendiri – serupa alat musik Gong di Pulau Jawa.


9. GAMBUS






Gambus adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Riau. Memang alat musik ini identik dengan adat Melayu yang tentunya kental dengan nuansa budaya arab. Gambus dimainkan dengan cara memetik senar-senarnya untuk menghasilkan jenis bunyi Kordofon.



10. GENDANG







Diantara alat musik tradisional Indonesia lainnya, mungkin Gendanglah yang paling “Indonesia”. Betapa tidak, alat musik ini memiliki banyak sekali varian di Indonesia. Sebutlah Gendang asal Yogyakarta, pasti akan berbeda dengan Gendang jenis lainnya seperti Gendang Melayu atau Gendang asal Banten. Gendang dimainkan dengan cara dipukul dengan jenis bunyi membranofon.



11. BONANG





Bonang adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang sudah mengglobal. Bonang berasal dari daerah Jawa Timur. Cara memainkan Bonang adalah dengan dipukul supaya menghasilkan bunyi ideofon. Alat musik ini hampir selalu ada pada setiap acara-acara besar adat Jawa.



12. KECAPI






Alat musik tradisional Indonesia selanjutnya adalah Kecapi. Kecapi berasal dari daerah Sulawesi Barat. Cara memainkan kecapi adalah dengan cara dipetik agar mengeluarkan bunyi kordofon.




13. GONG





Gong adalah alat musik tradisional Indonesia asal Jawa Barat. Secara ukuran, Gong tergolong alat musik yang cukup besar. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul menggunakan alat pukul yang telah didesain secara khusus. Dengan dipukul, maka Gong akan menghasilkan suara membranofon.


14. REBAB





Rebab merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Bentuk alat musik satu ini mirip busur panah. Sebagai alat musik khas adat Sunda, memang ada nuansa oriental yang kental pada Rebab, yakni cara memainkannya yang digesek, menyerupai biola.


15. KOMPANG





Alat musik tradisional Indonesia selanjutnya adalah Kompang. Kompang adalah alat musik yang berasal dari daerah Lampung. Alat musik yang terbuat dari kulit kambing atau kayu ini dimainkan dengan cara dipukul.







Setelah kita mengetahui beberapa jenis alat musik tradisional, tentunya kita dapat mengerti bahwa Indonesia itu negara yang kaya akan segala macam budaya, jenis alat musik tradisional, yang membuat Indonesia mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh negara lain.



Tentunya kita semua sebagai bangsa Indonesia sepatutnya bangga dengan adanya berbagai macam jenis alat musik tradisional. Nah, yang tadi disebutkan diatas belum semua disebutkan disetiap wilayah Indonesia, masih banyak lagi jenis alat musik tradisional, di Indonesia mempunyai 33 provinsi yang dimana disetiap provinsi memiliki jenis alat musik yang unik dan tentunya berbeda. Berbeda dari bentuknya, cara memainkannya, cara membuatnya, dan banyak sejarah yang tidak banyak diketahui.



Oleh karena itu, kita sebagai warga Indonesia sepatutnya melestarikan agar alat musik tradisional tidak hilang ditelan zaman.

0 Comments