Tujuan Diciptakan Alat Musik Angklung



Pentingkah Musik pada Zaman Kekinian ini ?
Pada jaman sekarang ini, kita hidup dalam era globalisasi.  Adanya perkembangan teknologi, pendidikan, perekonomian, seni dan budaya.  Semua perkembangan yang begitu pesat mempengaruhi pola hidup manusia dari cara berpikir, dan bertingkah laku. Banyak faktor yang membuat manusia dan dunia berubah, tapi ada faktor juga yang membuat dunia ini tetap stabil, yaitu salah satunya adalah dunia seni terutama musik.   
Manusia pada umumnya suka mendengarkan musik. Namun sebagian besar mereka tidak menyadari bahwa musik yang mereka dengarkan bisa mempengaruhi tubuh dan pikiran mereka. Mereka juga tidak tahu bahwa musik dan gelombang suara dengan frekuensi yang tepat bisa mengatasi masalah dan meningkatkan kualitas hidup mereka
Banyak manfaat yang dihasilkan dalam musik bagi kehidupan manusia :
1.      Dalam dunia pendidikan
      Musik merupakan salah satu faktor yang penting dalam menunjang sarana pembelajaran yang baik. Dengan adanya musik, seseorang mampu mengolah pikiran dengan fokus dan efisien. Selain itu dengan bermain musik, seseorang mampu melatih otak kanan sehingga ada keseimbangan antara otak kanan dan kiri yang nantinya menyeimbangkan dan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Pembelajaran music saat ini juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas di bidang non-akademik.  Pada jaman sekarang, bukan hanya akademik saja yang diperhitungkan, melainkan keahlian yang idmiliki seseorang, salah satunya adalah bermain musik
2.      Bagi kesehatan manusia
    Musik dapat dijadikan sarana pengobatan yang efektif bagi orang-orang yang memiliki masalah dalam tubuh. Pengobatan semacam ini biasa disebut dengan “Terapi Musik”.  Terapi Musik mempunyai manfaaat yang banyak antara lain adalah, pengobataan bagi orang-ornag gangguan mental, meringankan gangguan kehamilan, perawatan pasca stroke, menormalkan tekanan darah, mengatasi insomnia kronis dan masih banyak lagi.
3.      Sebagai sarana penghiburan
         Dengan mendengarkan musik ataupun bermain musik, dapat memberikan reaksi yang berbeda-beda bagi setiap orang. Jika seseorang mendengarkan music ataupun bermain musik favorit bagi mereka, maka musik dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk atau tidak terkendali.   Penelitian di McGill University Montreal menyatakan bahwa dengan mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin.


TUJUAN DICIPTAKAN SENI MUSIK ANGKLUNG

Angklung merupakan alat musik berasal dari Jawa Barat yang terbuat dari beberapa pipa bambu dengan berbagai ukuran yang dilekatkan pada sebuah bingkai bambu. Cara memainkan alat musik angklung adalah satu tangan memegang bagian atas angklung dan tangan lain memegang bagian bawah dari sisi lain angklung tersebut lalu menggoyangkannya. Hal ini menyebabkan pipa-pipa bambu yang menyusun angklung saling berbenturan menghasilkan suatu bunyi tertentu. Tapi apakah tujuan utama di ciptakannya angklung ? Mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

Sebagai suatu seni, sudah pasti memiliki tujuan untuk mencipatakannya. Seni musik angklung telah ada sebelum zaman Hindu ada di Indonesia.Pada zaman kerajaan Sunda, angklung diciptakan untuk digunakan di berbagai acara atau perayaan, khususnya acara adat dalam bercocok tanam.

Pada masanya, angklung dimainkan sebagai pemujaan kepada Sri Dewi Pohaci atau Dewi Kesuburan agar diberikan berkah pada tanaman yang di tanam oleh rakyat pada zaman kerajaan sunda dan juga mempercayai agar sejahtera dalam kehidupannya.Tidak hanya itu, angklung di ciptakan sebagai alat pemicu semangat prajurit untuk berperang.

Untuk zaman yang kekinian ini, tujuan di adakan seni musik angklung ialah sebagai hibuan, dengan begitu semua orang bisa menikmatinya. Selain itu, seni musik angklung juga di gunakan sebagai penghormatan kepada tamu besar yang datang di desa atau bahkan Pemerintahan.



0 Comments