JENIS-JENIS ANGKLUNG


JENIS-JENIS ANGKLUNG

-       Angklung Kanekes




Angklung kanekes ialah angklung yang dibuat di daerah Kanekes, yaitu seuah daerah di Baduy, Provinsi Banten. Orang-orang yang dapat dan berhak membuat angklung kanekes ini hanyalah orang-orang dari Baduy Dalam, yaitu orang-orang Kajeroan. Angklung ini dimainkan pada saat panen sawah atau juga menanam padi. Angklung kanekes juga dapat dimainkan pada saat terang bulan dan tak ada hujan dalam sebuah hiburan. Nama-nama angklung kanekes dari nan terbesar adalah: indung, ringkuk, dondong, gunjing, engklok, indung leutik, torolok, dan roel.




-       Angklung Dogdog Lojor


  Angklung dogdog lojor ini ialah sebuah kesenian nan terdapat di Gunung Halimun, yaitu gunung nan terletak di antara perbatasan Jakarta, Bogor, dan Lebak. Kesenian dogdog lojor dimainkan dengan adanya empat angklung di dalamnya. Sama seperti angklung kanekes, angklung dogdog lojor ini dimainkan dalam suasana panen. Tetapi, di masa modern, dogdog lojor dipakai dalam kesenian pernikahan, sunatan juga acara lainnya. Dogdog lojor ini terdiri dari dua buah dogdog lojor dan empat buah angklung besar. Empat buah angklung besar nan ada dalam dogdog lojor ini adalah: gonggong, panembal, kingking, dan inclok.




-       Angklung Gubrak

Angklung gubrak ialah angklung yang berasal dari Bogor di kampung Cipining. Pada umumnya, angklung dimainkan dalam sebuah ritual nan berhubungan dengan padi. Adanya angklung gubrak dikarenakan sebab pada saat itu kampung Cipining sedang mengalami paceklik


-       Angklung BadengAngklung
      Angklung badeng ini berasal dari Malangbong, Garut. Dulu, adanya angklung badeng berfungsi sebagai pembawa dakwah Islam. Angklung badeng ini terdiri dari 9 buah, yaitu dua angklung roel, satu angklung kecer, empat angklung indung dan angklung bapa, dua angklung anak; dua buah dogdog, dua buah terbang atau gembyung, juga satu kecrek










Add caption

-       Angklung Buncis

Buncis ialah pertunjukan yan bersifat hiburan yang berasal dari Baros, Bandung. Beberapa instrumen nan merupakan bagian dari kesenian buncis ialah dua angklung indung, dua angklung ambrug, angklung panempas, dua angklung pancer, satu angklung enclok.

-       Angklung Padaeng

Angklung padaeng ini dibuat oleh pencetus angklung itu sendiri, yaitu Daeng Sutigna. Angklung ini menggunakan nada diatonis. Oleh sebab itu, angklung ini dapat menghasilkan nada suara dari berbagai musik internasional dan modern, bukan hanya musik daerah saja. Angklung ini juga bisa dimainkan bergabung dengan ensembel lainnya seperti piano, gitar, drum, dan lain-lain. Angklung padaeng ini dibagi menjadi dua jenis yaitu angklung melodi dan angklung akompanimen. Angklung melodi ialah angklung nan terdiri atas dua tabung dengan disparitas nada satu oktaf. Sedangkan, angklung akompanimen ialah angklung yang dimainkan buat mengiringi lagu-lagu nan harmonis.

-       Angklung Sarinade
Angklung sarinade ialah angklung yang masih mempunyai jenis yang sama seperti padaeng, tetapi hanya menghasilkan nada bulat saja.

-       Angklung Toel
Angklung toel ialah angklung yang dijejerkan secara terbalik dan diberi karet. Angklung ini ditemukan dan diciptakan oleh Yayan Udjo pada tahun 2008. Nama toel yang dimaksud itu berarti sentuh. Jadi, pemakaian angklung ini hanya cukup disentuh lalu keluarlah nada-nada nan dihasilkan pada angklung ini.


- Angklung Sri Murni
Angklung ini diciptakan spesifik buat keperluan robot angklung. Angklung ini diciptakan buat dimainkan oleh robot nan diciptakan oleh Eko Mursito Budi.
Beberapa klarifikasi tentang angklung di atas ternyata dapat menambah wawasan kita tentang seni tradisional Indonesia yang semakin berkembang dari tahun ke tahun, yaitu angklung. Semoga angklung dapat terus dikembangkan buat generasi-generasia penerus bangsa nan bangga terhadap negara sendiri yaitu Indonesia. Hayati angklung.


0 Comments