Sejarah Sanggar Cakraning Tadji


MENGENAL SANGGAR ANGKLUNG

                A.    PROFIL SANGGAR

                Nama Sanggar         : Cakraning Tadji
                Nama Pemilik          : Bapak Oman
                Tahun Berdiri           : 2017
                Alamat                     : Jl. Pabrik gula no 55, Lemahabang Kulon, Kec.Lemahaabang,                                                               Cirebon, Jawa Barat 45133.



            B.   SEKILAS TENTANG SANGGAR
Tujuan awal didirikanya sanggar ini adalah untuk melestarikan budaya bangsa.
Dengan adanya rasa cinta terhadap seni dan budaya, dan kesadaran akan pentingnya budaya bangsa ini dilestarikan, disinilah awal lahirnya sebuah sanggar ini.

Sebuah sanggar yang terletak di tengah pemukiman warga ini memiliki lahan yang tidak cukup luas, pekarangan tempat sanggar tersebut dipenuhi berbagai macam angklung dengan berbagai variasi ukurannya. Senang melihat warga sekitar ikut serta mendukung dan ikut melestarikan budaya angklung ini, para pemuda pemudi di sekitar, ikut serta berpartisipasi dengan cara mengikuti latihan belajar angklung.

Menurut kami, suara angklung yang terdengar mempunyai nada yang lembut, ditambah dengan suasana sanggar yang penuh dengan pepohonan. Suasana tersebut membuat kami merasa tenang dan damai sambil melepaskan penat sejenak.

Sanggar ini juga sering melakukan pertunjukan ke berbagai daerah. Selain itu, angklung disini juga sering mengikuti lomba dan juga digunakan untuk acara penyambutan tamu seperti, kedatangan bupati dan gubernur, acara-acara resmi lainya, dan juga sebagai hiburan.
Manfaat adanya sanggar ini adalah sebagai tempat untuk melestarikan seni angklung, sebagai tempat untuk belajarnya anak-anak yang ingin bermain angklung, dan juga sebagai tempat untuk menjaga seni angklung agar tidak punah.

C.     PESAN UNTUK GENERASI MUDA

Selaku generasi muda yang mempunyai semangat cinta tanah air, sudah sepatutnya kita untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa. Karena budaya merupakan identitas bangsa yang yang sangat penting. Dengan budaya inilah awal mula suatu bangsa itu tumbuh, budaya itu bukan sekedar mengandung nilai seni, tetapi juga menjadi pedoman suatu masyarakat untuk mengatur kehidupannya.

Penting bagi kita mempunyai pengetahuan tentang budaya. Apalagi sebagai masyarakat Indonesia yang mejemuk, memiliki budaya yang beragam. Dengan mengetahui  budaya tersebut disitulah kita belajar untuk menjaga toleransi, saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Perbedaan akan indah jika kita saling menjaga dan menghormati. Kita seharusnya bersyukur tinggal di Negara Indonesia, selain mempunyai kekayaan yang melimpah kita juga bisa melihat betapa indahnya perbedaan budaya, suku, dan bahasa.

Kita harus menyadari betapa berharganya negeri ini, jangan sampai budaya yang telah ada hilang begitu saja, tanpa ada kesadaran dari diri kita sendiri. Kita sekarang sedang dijajah dalam hal budaya, menyebar melalui media, para generasi muda mudah terpengaruh oleh budaya asing yang dianggap lebih maju dan modern, padahal diluar sana, Negara lain sedang menertawakan kita yang hancur akibat hilangnya budaya sebagai identitas bangsa.

Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga? Perlu adanya regenerasi untuk mempertahankan budaya ini. Perlu adanya upaya untuk menanamkan rasa cinta tanah air yang tinggi, pendidikan yang memprioritaskan karakter anak bangsa. Nasib bangsa ini ada ditangan kita, dan bagaimana bangsa ini kedepannya itu tergantung kita.


2 Comments

  1. Wahhh istimewa ya.. Semoga tambah lancar dan maju kedepannya

    ReplyDelete