CARA MEMAINKAN ANGKLUNG


1. Mengatur Posisi Alat Musik

Saat dimainkan dengan posisi tegak bukan miring. Alat musik ini memiliki tabung yang terdiri dari tabung tinggi dan tabung rendah. Posisi angklung yang benar adalah tabung yang tertinggi berada di bagian kanan sedangkan yang rendah berada dikiri.

2. Posisi Tangan

Sampul atas angklung dipegang menggunakan tangan kiri, sedangkan tangan kanan memegang bagian bawahnya. Dan diusahakan dengan tangan tetap lurus.

3. Menggetarkan Atau Menggoyangkan

Instrumen ini digetarkan atau digoyangkan dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri hanya digunakan untuk memegangnya. Kemudian gerakkan tangan kanan dari kanan ke kiri secara berulang-ulang, gerakkan secara cepat.

4. Memegang Angklung Lebih Dari Satu

Jika instrumen musik anda yang gunakan berukuran kecil, maka hanya cukup dipegang saja dengan memberikan jarak antara kedua angklung tersebut. Apabila berukuran sedang (lumayan besar), anda dapat memasukkan angklung tersebut ke dalam lengan anda. Pastikan instrumen yang berukuran paling besar diletakkan lebih dekat dengan badan anda.

5. Teknik Getaran Panjang

Cara memainkan dengan teknik ini adalah dengan menggerakkan secara panjang sesuai nada yang dikehendaki. Nada yang dihasilkan nantinya saling menyambung dan panjang tanpa terputus-putus.

6. Teknik Staccato

Apabila biasanya instrumen ini dimainkan dengan cara dan teknik digoyangkan atau digetarkan, berbeda dengan teknik staccato yang cara memainkannya diketok. Sehingga menghasilkan bunyi yang pendek.

7. Teknik Tangkep

Cara memainkannya adalah dengan menahan dan menutup tabung kecil sehingga tidak ikut berbunyi. Teknik ini digunakan untuk menghasilkan suara yang lebih halus.

                                                                                                                                            

0 Comments